Dark Mode

DARK MODE

kalah lagi, kalah lagi



Tahun 2018 merupakan puncak dari seseorang yang bernama Iqbal Romadhoni. Namun, sayangnya yang ia pijak adalah puncak kegagalan. Tepat di penghujung semester 3 hal itu terjadi pada saya, kerinduan mencekam akan sebuah juara yang tak pernah didapatkan. Salah satu faktor kerinduan itu karena ingin seperti temen-temen lainnya yang sudah menyambet juara 1 di berbagai belahan Nusantara. *colek, kuskuspintar.com

Orang ambisius seperti saya, melihat orang sukses itu malah menggores hati sendiri. Ya saya tahu, penyakit hati itu gak baik, tetapi tetep saja hal itu terjadi. Kala itu bermacam lomba yang ditawarkan saya ikuti. Salah satu diantaranya, saya tertarik pada lomba Bisnis Plan Competition. Saya ikuti lombanya, mengikuti alurnya, mengetik berbagai macam proposal dan pada akhirnya mendapatkan sepenggal email “Maaf anda belum beruntung.”

Setelah sekian purnama, tak ada usaha yang berbuah manis, ya seperti judul “kalah lagi, kalah lagi…” satu persatu email panitia memohon maaf pada saya, padahal kan saya gak salah (?) eh, sebentar… Benarkah saya tidak ada salah (?) hmm, pada saat itu sih saya menganggap saya tak punya kesalahan dan panitia seharusnya tak perlu meminta maaf pada saya, akan tetapi…. “

Saya mencoba untuk memikirkan kesalahan yang telah diperbuat kala itu, mungkin ada satu atau dua kesalahan. Hmm okeehh, emang betul sih saya sempat memiliki penyakit hati kala itu, okedeh saya akui saya salah. Namun, apakah Cuma itu kesalahan saya (?)

Hmm okeehh, kala itu saya ingin ikut lomba karena ingin naik pesawat gratis, ya wajar kan (?) Kala itu saya belum pernah naik pesawat. Ketika mendengar cerita orang naik pesawat karena lomba, wajar kan saya kepengen, apalagi gratis. :3

Apa lagi ya? Hmm,, okedeh, saya akui saya salah. Saat itu saya ingin lomba karena kepengen jalan-jalannya. Maklum lah saya emang suka jalan-jalan. Apalagi ada satu lomba yang diadakan oleh Universitas Udayana. Wehh, jujur saat itu yang ada dipikiran saya cuma jalan-jalan di Bali wkwkwk.. :V

Walaupun saya  pernah ke Bali saat ikut Study Tour SMA, saya gak begitu menikmatinya. Bagiamana saya mau menikmati (?), saat itu saya terpisah dari rombongan “geng saya”. Biarpun begitu, sendirian menikmati senja di pantai kute, gak buruk juga. hmmm,, semoga saja lain kesempatan saya bisa kesana lagi bersama Someone Special *eh kok malah curhat.

Lanjut ke “Kalah Lagi”. Emang betul kata orang sob, semua itu berawal dari niat. Setelah bermusahabah, emang banyak bener niat saya yang salah, wajar aje kalo “kalah lagi, kalah lagi.” Kalau sobat ada di fase seperti saya nih, cepet-cepet deh bermusahabah, lurusin niat. Hehe saran aje yee, bukan maksut menggurui :p

Sulit rasanya lepas dari fase “kalah lagi”, rasa putus asa tiap detik menghampiri. Tepat dipenghujung tahun dan dipenghujung rasa putus asa, tak disangka ada seorang teman yang mengajak saya ikut lomba Karya Tulis Ilmiah. Dia seolah membawa secercah cahaya di kegelapan malam yang nyaris kelam. Saya sempat terheran-heran, dia yang pernah juara 1 sana-sini kok mau aja menampung saya di kelompoknya. Jujur, saya tak begitu kenal dengan nih orang, saya cuma tau dia dari postingan dia juara. Padahal temen sejurusan woyy!! Wkwkk..

Lomba yang akan saya ikuti kali ini diadakan oleh Universitas Bengkulu tahun 2019.  Hingga akhir tahun 2018, kami menghabiskan waktu mencari ide, survei objek, mencari data di internet. Hari-hari mulai diisi dengan menulis dan merevisi tulisan.

Ternyata, ketika ingin lomba gratis dan dibiayain itu perjalanannya panjang sob. Harus mengurus proposal ke birokrat, minta tanda tangan dekan fakultas, revisi sana-sini. Ribet pokoknya, belum lagi drama-drama yang menambah keriuwhan.

Alhamdulillahnya, semua berjalan dengan lancar. Februari 2019 kami akan berangkat ke Bengkulu menaiki kereta. Woww, ini pertama kalinya saya naik kereta, *ceklist. Semakin tak sabar rasanya ingin jalan-jalan ke Negeri Bunga Raflesia. Niat saya yang mulai berubah jelek saat itu, untungnya diingatkan kembali oleh Ketua Umum sebelum berangkat.

Ketua Umum organisasi saya itu bernama Riswan *Runnerup Mahasiswa Berprestasi 2020. Saya mencoba fokus mendengar arahan riswan kala itu. Pikir saya, siapa tahu dia akan memberikan tips dan trik saat dia menang lomba, lumayan bisa jadi modal buat saya.

Benar saja, praduga saya tepat. Riswan membagikan tips dan triknya ketika juara. Perhatikan ya sob, tetap fokus. Pertama, jika kamu ingin berbicara lancar saat mempresentasikan hasil karyamu, kamu perlu memperbanyak mengaji (membaca Al-Quran). Kedua, ketika kamu ingin apa yang kamu katakan tepat tertancap disanubari lawan bicara, dirikanlah sholat malam. Ketiga, ketika kamu ingin semua berjalan lancar, rejeki terus mengalir, dirikanlah  sholat duha.

Ketiga tips itu saya coba terapkan. Akan tetapi pada hari lomba saya tetep aja gugup, namanya juga manusia. Sanubari saya mencoba berbicara menguatkan, “Kamu gak perlu gugup, toh itu hasil karyamu kan, cuma kamu yang tahu tentang karyamu, jadi tenang aja.”

Subahanallah, saya tambah gugup mengetahui tim kami tampil presentasi pertama. Padahal tadinya saya cuma mau mengolok-olok si Debby (Rekan Tim), kalau tim kami bakalan tampil pertama. Ternyata gurauan saya itu jadi kenyataan, apa boleh buat. Anehnya saat tim kami tampil, rasa gugup hilang dan semua berjalan lancar.

Semua berjalan lancar saat itu, tetapi saya merasa pesimis untuk juara dan mungkin hasilnya “kalah lagi”. Saya mencoba menahan rasa pesimis itu sepanjang malam pegumuman juara. Bersikap seolah tenang, semua akan baik saja, mencoba mengikhlaskan apa pun yang terjadi.

Jeng jeng jeng…. Saat pengumuman tiba, saya mengambil kamera siap-siap mengambil foto para juara. Pembawa acara melanjutkan sesi pengumuman juara, “Baik selanjutnya juara 3 LKTI dimenangkan oleh…” jeng jeng jeng… Musik yang membawa tegang suasana menjadi-jadi dan seketika hening.. *Mencoba ikhlas dan berpura-pura seolah baik-baik saja ternyata cukup sulit ya Ahaha.

Pembawa acara lalu kembali berteriak, “Selamat Tim Bismillah dari Universitas Sriwijayaaa!!” Owaalahhh,, timku woyyy dipanggilll… Setengah gak percaya, spontan saya titipkan kamera saya ke doi *mimpi woy jomblo!!.. Saya lalu naik ke atas panggung penghargaan menerima piala, sertifikat dan uang pembinaan, lalu foto bersama. weh beneran gak nyangka sih..


Malam itu pecah pokoke, pahitnya kekalahan selama ini kini berubah manis, akhir yang telah lama dinanti-nanti kesampean juga. Bonusnya Universitas Sriwijaya berhasil meraihh juara umum cuyy. yah, begitulah jalan ceritanya sob, ternyata usaha selama ini cuma butuh waktu sedikit lebih lama saja. Buat sobat yang sedang berjuang teruslah berusaha, perbaikin niat, bersabar dan teruslah semangat!! :D

Note : Jadi alur lombanya, membuat karya tulis lalu dikirim ke email panitia, kemudian panitia akan membalas emailnya. Jika dinyatakan lolos, maka akan mendapatkan undangan untuk presentasi..

20 Komentar untuk "kalah lagi, kalah lagi"

  1. Antara sedih, haru, ngakak bercampur aduk di postingan ini. Pertama, sedih karena dapat email balasan maaf dari panitia. Terus saya jadi merasa bersalah karena dulu sewaktu maba pernah bikin iri.
    Maaf ya, akhirnya terprovokasi utk ikut lomba juga πŸ˜‚

    Kedua, terharu akhirnya berangkat juga untuk lombanya. Menang lagi uhuy.

    Ketiga, ngakak karena pembawaan ceritanya riang sekalee. Apalagi di paragraf-paragraf akhir ini haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maafkeun kalo postingan ini agak aneh ahahah. 🀀

      Terimkasih atas supportnya, InsyaAllah akan terus berlatih menulis hingga kedepan tulisan saya dapat lebih baik lagi..

      Hapus
  2. wkwk jd nostalgia. Beruntung bs jadi bagian dr kisah itu, maaf kalo belum banyak kasih pelajaran berharga dan gak sesuai ekspektasi pas kita satu tim haha. Pesan: kata itu doa wkwk dan kita gak tau doa mana yang dikabulin. Bismillah tim tampil pertama. Bikin ngakak. πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, padahal cuma bergurau tampil pertama. Pengalaman terbaik dah, berkat pengalaman ini cita2 saya naik pesawat gratis terwujud juga nantinya :v (next posting)

      Hapus
  3. Ditunggu terus kisah selanjutnya mas. Keren sekaleh��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, InsyaAllah update setiap minggu kalo gak males hehe πŸ˜…

      Hapus
  4. Keren banget bro, bisa banyak mencoba dan bisa menang. Cerita keren bukan karena kejayaannya, tapi karena perjuangan di baliknya. Selamat~

    Tips-tipsnya setuju banget itu untuk banyak baca Alquran dan qiyamullail

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, itu tips pak mawapres cukup ampuh, boleh kalau mau dicoba 😁

      Hapus
  5. Ngakak bal. Ya Allah begini ya kelakuan bale yang dikira cool(ang perhatian). Gapapa bale, mumpung masih muda yakan. Mari menghabiskan jatah gagal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahah, marii kita habiskannn!! Jangan kasih sisa pokoknya πŸ”₯

      Hapus
  6. Jadi inget gimana rasanya dapat email begitu 😒 tapi belum persah kesampaian naik pesawat gratis πŸ˜₯😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba... mungkin hanya btuh waktu sedikit lebih lama lagi.. 😊

      Hapus
  7. Tipsnya mantul...
    Btw jadi keingat "kekalahan adalah kemenangan yang tertunda". Kalimat legend yang pernah kudengar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapss betul tuh, asal jangan putus asa duluan aja hehe😁

      Hapus
  8. jangan suka colek colek bal. ga baik wkwkkw

    BalasHapus
  9. iri akan ilmu orang lain gak masalah, gak berdosa.bagusm bisa dijadikan motivasi.

    btw aku bingung nih ya.

    panitia mengirimkan permohonan maaf lewat email. tapi kenapa malah si iqbal yang ngerasa "padahal kan saya ga ada salah". lah kan memang gitu, klo ada orang yang minta maaf ke kita berati kan kita diposisi bener. bingung aku. kecuali si iqbal nya yang minta maaf ke panitia, baru nalarku masuk kalo si iqbal bergumam "padahal kan saya ga ada salah".


    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya yah ahahah.. bener juga kak.. emang kadang2 suka eror wkwkwkw

      Hapus
  10. Hidup kadang berjalan begitu ya dek. Apa yang kita inginkan sangat malah tak tercapai. Tapi pas semuanya belajar kita ikhlaskan, malah ia yg datang menghampiri kita.

    BalasHapus
Jangan Lupa Tinggalkan Saran dan Masukanya yahh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel